Tahapan Mengurus Dokumen Pernikahan

admin   March 24, 2018   Comments Off on Tahapan Mengurus Dokumen Pernikahan

Menikah merupakan momen penting bagi setiap orang dan merupakan momen yang sangat ditunggu oleh sebagian besar orang. Mengarungi kehidupan baru dengan seseorang yang kita dambakan merupakan suatu anugerah besar dari Tuhan. Jangan lupa untuk meminta surat pengantar dari desa agar pengurusan berbagai macam dokumen menikah di KUA berjalan dengan lancar. Menikah memang momen sakral yang harus dipersiapkan dengan baik, khususnya surat dokumen yang dibutuhkan. Namun sebelumnya perhatikan beberapa hal ini untuk persiapan agar momen terindah di hidup kita berjalan dengan lancar.

Lokasi Pernikahan

Penentuan lokasi pernikahan akan menentukan di mana kita harus mengurus segala syarat pernikahan di KUA sesuai dengan lokasi pernikahan. Sebelum menikah tentu saja kita harus mendaftarkan dokumen kita dan calon ke KUA sesuai dengan lokasi pernikahan. Oleh karena itu, tentukan dari jauh-jauh hari di mana pernikahan akan dilaksanakan. Agar pendaftaran di Kecamatan tidak mengantri lama, maka akan sangat disarankan untuk mendaftarkannya dari jauh-jauh hari.

Persiapan Dokumen

Syarat dokumen untuk menikah tidaklah sedikit dan harus dilengkapi selengkap-lengkapnya, tanpa kurang satu dokumen pun. Oleh karena itu, persiapkan dokumen dengan baik dan lakukan juga dari jauh-jauh hari. Menurut penghulu yang biasa mengurusi permasalahan dokumen nikah, akan lebih baik jika persiapan dokumen dilakukan 6 bulan sebelum hari pernikahan. Terlebih jika pernikahan dilakukan pada waktu weekend, seperti hari Sabtu dan minggu.

Proses Pengurusan

Mengurus dokumen pernikahan memang melelahkan karena selain harus menyiapkan banyak dokumen, kita juga harus menyerahkannya ke berbagai tempat. Pertama meminta surat pengantar desa ke RT dan RW. Itu berarti kita harus mengunjungi rumah ketua RT dan RW. Selanjutnya kita harus menyerahkan dokumen ke KUA tempat kita mendaftar pernikahan. Selanjutnya lagi kembali ke Kelurahan tempat tinggal masing-masing untuk mengambil surat keterangan nikah, dan kembali lagi ke KUA sebelumnya.

Simpan Dokumen

Setelah menyelesaikan pengurusan dokumen, maka langkah selanjutnya adalah menyimpan dokumen dengan rapi dan hati-hati. Tentu bukan hal yang kita inginkan jika dokumen pernikahan yang sudah kita urus dengan susah payah ternyata hilang atau terselip. Jangan lupa juga untuk meminta kontak penghulu desa agar mudah mengingatkan ketika sudah mendekati hari H.

Related posts: