Perbedaan Ikan Nila Jantan Dan Betina

admin   September 13, 2017   Comments Off on Perbedaan Ikan Nila Jantan Dan Betina

cipanasfarmBudidaya ikan air tawar tampaknya sekarang ini semakin banyak peminatnya. Ikan air tawar memang menjadi primadona banyak orang karena pengolahan yang mudah, rasa yang enak, harga yang murah, kandungan gizi, serta mudahnya memperoleh ikan tersebut. Ikan air tawar banyak digunakan dalam berbagai macam olahan, Permintaan akan ikan air tawar yang semakin besar membuat banyak orang yang memanfaatkan hal tersebut sebagai peluang usaha. Jika Anda adalah salah seorang pemula yang akan memulai budidaya ikan air tawar, maka Anda dapat mencari informasi mengenai tips perikanan budidaya ikan tawar di berbagai media seperti internet dan buku. Salah satu ikan air tawar yang favorit adalah ikan nila.

Perbedaan Ciri-Ciri Ikan Nila Jantan Dan Betina

Bagi Anda yang sudah mulai melakukan budidaya dan ingin melakukan proses pemijahan (menghasilkan benih ikan), maka tentu Anda harus mengetahui tips perikanan mengenai perbedaan antara nila jantan dan nila betina. Ada beberapa ciri-ciri yang membedakan antara nila jantan dan nila betina. Ciri-ciri yang pertama adalah nila jantan memiliki lata kelamin berupa benjolan yang terletak di dekat anus. Pada benjolan tersebut terdapat satu buah lubang yang menjadi jalan keluarnya sperma dan urine. Sedangkan pada benjolan nila betina, memiliki 2 buah lubang. Lubang yang pertama (berbentuk bulan sabit) berada di dekat anus. Lubang tersebut menjadi jalan keluarnya telur. Lubang yang kedua terletak di belakang lubang pertama. Lubang yang satu in berfungsi untuk mengeluarkan urine.

Ciri-ciri yang kedua dilihat dari warna tubuh ikan tersebut. Ikan nila jantan memiliki warna tubuh yang lebih cerah, sedangkan ikan nila betina memiliki warna tubuh yang sedikit pucat. Ciri-ciri yang ketiga adalah dilihat dengan melihat kematangan gonad ikan tersebut. Matangnya gonad jantan diketahui dengan melakukan pijatan pada perut ikan menuju ke arah anus. Ikan jantan yang sudah matang akan mengeluarkan cairan kental yang berwarna bening. Sedangkan matangnya gonad betina diketahui dengan meraba bagian perut. Ikan betina yang matang akan memiliki perut yang lebar, lunak saat diraba, serta memiliki bagian anus yang merah serta menonjol. Selain itu, ikan nila betina yang telah matang juga memiliki telur yang berwarna kuning kehijauan. Demikian beberapa ciri-ciri ikan nila jantan dan betina. Untuk memperoleh informasi lain mengenai dunia perikanan, maka Anda dapat mengunjungi cipanasfarm.com.

Related posts: