Pengobatan di Rumah Untuk Diare

admin   January 3, 2018   Comments Off on Pengobatan di Rumah Untuk Diare

Diare merupakan penyakit yang menyebabkan buang air besar menjadi lembek atau cair serta biasanya penderita akan sering bolak-balik ke kamar mandi. Penyakit ini dapat diderita oleh siapa saja baik anak-anak maupun dewasa. Ada beberapa jenis diare menurut lama diare tersebut diderita, yaitu diare akut yaitu diare yang diderita dari rentan beberapa hingga seminggu. Kemudian ada diare yang berlangsung selama tidak lebih dari 3 minggu. Yang terakhir adalah diare kronis, penyakit ini sudah berlangsung selama lebih dari 4 minggu.

Gejala Diare

Diare merupakan penyakit yang sangat umum terjadi, biasanya setiap orang mengalami diare 4 kali dalam setahun. Penyakit ini tidak memandang usia ataupun jenis kelamin, sehingga diare ini umum terjadi dan merupakan penyebab paling banyak pasien yang membutuhkan pertolongan medis. Gejala dari diare dapat diketahui dengan mudah, biasanya pasien akan mengalami sakit dan kram pada perut serta feses berbentuk lembek dan cair. Penderita diare juga akan kehilangan nafsu makan dan sering mual atau muntah. Selain itu, tubuh akan demam serta merasa haus terus menerus (dehidrasi).

Diare terlihat sangat jelas jika seseorang sering sekali keluar masuk kamar mandi. Umumnya feses juga akan disertai darah, hal ini umum terjadi. Namun, jika kondisinya sudah tidak memungkinkan dan sudah lebih dari seminggu Anda bisa secepatnya konsultasikan ke dokter.

Penyebab Diare

Ada beberapa penyebab diare pada seseorang, umumnya terjadi karena alergi atau keracunan makanan yang terdapat bakteri, virus, atau parasit. Efek samping dari obat yang dikonsumsi juga biasanya akan menyebabkan diare pada seseorang.

Menyembuhkan Diare

Meskipun Anda dianjurkan untuk tetap berkonsultasi ke dokter, gaya hidup bagi yang menderita diare juga harus tetap diubah, diantaranya adalah dengan mengonsumsi jus buah yang tidak memakai gula. Kemudian banyak makan yang mengandung potassium serta yang kaya akan sodium. Anda juga sangat dianjurkan untuk memakan buah-buahan yang banyak mengandung serat. Jangan mengonsumsi minuman yang mengandung susu atau mengandung magnesium serta hindari kopi, teh, dan minuman rasa lainnya.

Related posts: