Pembalakan Liar Di Aceh Kian Memprihatinkan

admin   December 16, 2017   Comments Off on Pembalakan Liar Di Aceh Kian Memprihatinkan

berita aceh

Banyak dari kalian pasti pernah mendengar bahwa hutan merupakan paru-paru dunia. Hal ini tentu saja bukan tanpa alasan banyaknya pohon yang ada terutama di hutan dapat digunakan untuk menyaring udara kotor yang ada di sekitarnya menjadi udara yang kembali segar karena pada dasarnya hutan memproduksi oksigen. Selain itu hutan dengan pohon yang rindang juga berguna sebagai tempat tinggal untuk para hewan yang ada di sekitarnya. Namun seiring perkembangan zaman banyak hutan yang di babat habis dengan alasan pembangunan dan yang lebih parah lain pembabatan hutan tersebut dilakukan secara liar. Pembalakan liar yang terjadi terus-menerus dikhawatirkan akan merusak ekosistem dan menimbulkan berbagai macam bencana yang akan merugikan manusia itu sendiri. Pembalakan terjadi berbagai wilayah dan menurut portal Aceh juga terjadi di beberapa wilayah di Aceh.

Portal Aceh Soal Pembalakan Liar

Pembalakan hutan liar diketahui ketika dilakukan inspeksi mendadak terhadap perusahaan penebangan kayu yang dilakukan di dua desa yaitu Desa Rusip, Kecamatan Syiah Utama dan Des Wer Tingkem, Kecamatan Mesidah. Ketika melakukan sidak di Desa rupin ke salah satu pabrik kayu yang ada memang di depan pabrik jelas terpampang ada izin dari bupati namun untuk kayu yang mereka dapatkan sumbernya tidak jelas dari mana. Hal ini karena ditemukan banyak sekali kayu yang ditebang tanpa memiliki izin sama sekali setelah melakukan konfirmasi kepada kepal Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) mereka menjelaskan bahwa kayu yang di dapatkan berasal dari lahan pribadi. Hal ini menurut portal Aceh yang mengutip dari Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf  tentu saja merupakan suatu hal yang sangat janggal karena bagaimana mungkin seseorang memiliki lahan pribadi ditengah-tengah hutan.

Agar masalah ini cepat terselesaikan dengan baik Gubernur Aceh meminta polisi untuk ikut bekerja sama melihat apakah lokasi yang sering dijadikan tempat penebangan merupakan tempat yang memiliki izin atau tidak. Selain itu menurut portal Aceh sang gubernur juga meminta kerja sama dari semua pihak agar masalah pembalakan liar cepat teratasi.

Related posts: