Peluang Usaha Budidaya Kutu Air

admin   October 3, 2017   Comments Off on Peluang Usaha Budidaya Kutu Air

peluang usahaKutu air sering sekali digunakan untuk pakan ikan, khususnya anakan ikan atau burayak ikan cupang atau ikan guppy. Ketersediaan kutu air di alam bebas, serta permintaan pasar yang terus meningkat menjadikan budidaya kutu air sebagai peluang usaha yang cukup menjanjikan. Kandungan protein pada kutu air yang sangat tinggi, tak ayal hewan kecil ini menjadi pakan favorit bagi anakan ikan yang masih membutuhkan nutrisi tinggi untuk pertumbuhan mereka. Di pasaran, ada dua jenis kutu air yang umum dikenali, yaitu daphnia dan moina. Keduanya memiliki kandungan nutrisi yang sama banyak dan juga cara perkembangbiakkan yang serupa.

Permintaan Pasar Meningkatkan Peluang Usaha Budidaya Kutu Air

Peluang usaha budidaya kutu air memang cukup menjanjikan karena permintaan pasar yang cukup tinggi serta perkembangbiakkannya cukup cepat. Bibit kutu air juga dapat dengan mudah didapatkan di Balai Benih Ikan Air Tawar, di toko ikan hias, atau bahkan di alam sekalipun. Untuk membudidayakan kutu air, bisa menggunakan berbagai media seperti kolam atau bak. Jika menggunakan kolam, sebaiknya menggunakan kolam tanah, atau kolam semen dengan dasar tanah. Sebelum ditebar benih kutu air, dasar kolam dikapur terlebih dahulu agar pH tanah menjadi netral dan untuk menekan pertumbuhan organisme patogen.

Ketika semua yang dibutuhkan untuk memuai peluang usaha budidaya kutu air, kita bisa melakukan tahapan-tahapan untuk mengembangbiakkan kutu air. Pengapuran dilakukan dengan dosis 1.5 kg/m2 setelah kolam dikeringkan selama 2-3 hari sebelumnya. Lalu tambahkan pupuk organic sebanyak 2 kg/m2 dan biarkan selama 3-5 hari. Setelah itu kolam bisa diisi air sampai 50 persen, dan diamkan lagi selama 2-4 hari sampai air berubah warna menjadi coklat kehijauan, baru kolam diisi air sampai penuh dan kolam siap ditebari bibit kutu air. Kutu air akan berkembang biak setelah 7 sampai 11 hari, kolam akan terlihat agak keerahan pertanda kutu air siap dipanen. Proses panen kutu air dapat dilakukan dengan menggunakan jaring halus (plankton net). Jangan lupa cuci bersih kutu air sebelum dijual di pasaran atau diberikan pada ikan.

Related posts: