Pasaran Yang Terdapat Dalam Tanggalan Jawa

admin   June 2, 2017   Comments Off on Pasaran Yang Terdapat Dalam Tanggalan Jawa

kalender jawaAnda orang Jawa? Pastinya sudah sangat tidak asing bukan mengenai penanggalan Jawa yang dimana penanggalan ini pastinya berdasarkan ada istiadat orang Jawa. Nah suku Jawa memang bisa dikatakan suku terbesar di Indonesia. Kebudayaannya pun cukup banyak yang salah satunya ditaruh di kalender Jawa. Mengenai hal tersebut, ada juga pasaran tanggalan Jawa yang dimana pasaran ini banyak digunakan oleh orang Jawa dalam menentukan hari baik untuk melakukan suatu acara atau ritual tertentu. Banyak orang Jawa yang sampai sekarang pun masih sangat percaya jika sedang atau ingin melakukan suatu kegiatan atau ritual tertentu tidak berdasarkan perhitungan Jawa maka sudah barang tentu acara tersebut tidak akan berjalan dengan lancar. Lalu sejauh mana artian pasaran yang terdapat dalam kalender Jawa?

Arti Pasaran Dalam Tanggalan Jawa

Dari pernyataan di atas pastinya kita mengetahui bahwa memang tanggalan Jawa itu sangat berbeda dengan tanggalan nasional yang dimana jika tanggalan nasional itu hanya terdiri dari hari dan juga bulan dan memang semua hari dan semua bulan yang ada di kalender atau tanggalan nasional ini sangat baik, ini tidak berlaku bagi tanggalan atau kalender Jawa karena menurut sesepuh orang Jawa ada hari atau bulan yang memang kurang baik dan ada juga hari atau bulan yang memang baik. Kadang mereka para orang Jawa menghitungnya juga berdasarkan pasaran Jawa. Nah seperti apa sih artiannya?

Pasaran Jawa ini merupakan pelengkap dari penanggalan Jawa yang dimana biasanya dipakai untuk menentukan kecocokan antar pasangan yang akan menikah dan juga digunakan untuk menentukan hari baik dalam melakukan suatu hal. Berbagai artian pasaran Jawa adalah sebagai berikut : pertama, ada pasaran legi yang dimana ini artinya adalah udara dan berarti memancarkan sinar putih. Kedua, pasaran paing yang dimana ini merupakan unsur api yang berarti sinar merah. Ketiga, pasaran pon yang artinya air dan memiliki sinar kuning. Keempat, pasaran wage yang dimana memang ini adalah unsur tanah dan memiliki sinar hitam. Serta yang terakhir ada kliwon yang dimana memang merupakan tempat sukma yang menunjukkan berbagai macam warna. Nah jika memang Anda masih memegang adat istiadat Jawa tidak ada salahnya mencari hari baik dari tanggalan Jawa.

Related posts: