Kondisi Perikanan Indonesia Di Masa Depan

admin   May 15, 2018   Comments Off on Kondisi Perikanan Indonesia Di Masa Depan

Dari data World Resources Institute, Indonesia memiliki kekayaan maritim yang melimpah. Sumber daya yang luar biasa ini sangat potensial untuk mendukung pembangunan ekonomi nasional. Kekuatan sumber daya perikanan dan kelautan Indonesia diperkirakan dapat mendorong kondisi ekonomi. Kontribusinya diharapkan mencapai angka lebih dari US$ 80 miliar setiap tahunnya.

Capaian Produksi Perikanan Beberapa Tahun Terakhir

Sejauh ini produksi perikanan Indonesia menunjukkan keadaan yang cukup baik dan terus meningkat selama beberapa tahun terakhir. Semua capaian ini telah tersusun secara baik dalam Rencana Strategis Pembangunan selama tahun 2010 sampai 2014 yang lalu. Hal ini menunjukkan hasil yang patut dibanggakan.

Selama tahun 2005 hingga 2009 saja laju pertumbuhan produksi perikanan dan kelautan dalam skala nasional berada pada angka sekitar 10% setiap tahunnya. Diantara pertumbuhan tersebut, pertumbuhan budidaya menunjukkan angka yang cukup baik yakni mencapai hampir 22%. Angka ini jauh lebih tinggi dari pada pertumbuhan ikan tangkap yang hanya mencapai angka 2,95% saja.

Harapan Capaian Produksi Perikanan Indonesia

Dari data yang ada menunjukkan kondisi yang secara keseluruhan yang cukup baik. Bahkan komoditas perikanan terus meningkat dalam segi kualitas dan harga. Hanya saja perlu dilakukan langkah khusus baik dari pemerintah maupun nelayan berkaitan dengan peningkatan perikanan tangkap. Sebab, diprediksikan melalui simulasi bahwa dalam jangka waktu 10 tahun mendatang kondisi ini akan terus menurun.

Meskipun demikian, perikanan budidaya diperkirakan akan terus mengalami peningkatan. Bahkan, jika terus dipantau dan dimaksimalkan dari segi teknologi dan pelaksanaannya kenaikan sebesar 4% per tahun mungkin dicapai. Jika harapan ini terwujud, maka kemandirian ekonomi Indonesia mungkin dapat tercapai. Perlu diketahui bahwa industri perikanan Indonesia merupakan kontributor devisa yang cukup berpengaruh pada sektor nonmigas.

Jika terus dimaksimalkan, Indonesia mungkin akan mampu mencukupi kebutuhan produksi tidak hanya dari lingkup domestik juga suplai ekspor. Dari keadaan yang ada saat ini perikanan dan kelautan khususnya budidaya mampu memperlihatkan peningkatan jumlah ekspor. Namun, tentu perlu adanya dukungan dari berbagai pihak, baik pemerintah, masyarakat terutama nelayan hingga investor.

Related posts: