Kenali Faktor Penunjang Perkembangan Kognitif Anak

admin   February 1, 2018   Comments Off on Kenali Faktor Penunjang Perkembangan Kognitif Anak

Semua orang tua tentu ingin si kecil bisa tumbuh dan berkembang baik sesuai dengan usianya. Oleh karena itu, sangat penting bagi para orang tua untuk memperhatikan pertumbuhan dan perkembangan si kecil. Beberapa perkembangan yang sangat penting dalam kehidupan si kecil adalah perkembangan kognitif anak, motorik, bahasa, emosional, sensorik, dan fisik. Semuanya memiliki peran yang penting dalam mendukung si kecil untuk tumbuh menjadi anak yang cerdas dan sehat. Oleh karena itu, orang tua harus memastikan bahwa buah hatinya mengalami perkembangan fisik, mental, dan emosional dengan baik.

Perkembangan kognitif sendiri mengacu pada kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing anak untuk memahami dan mengerti sesuatu. Dalam Cognitive Theory yang dikemukakan oleh Jean Piaget,  terdapat 4 tahapan perkembangan kognitif anak usia dini, yaitu:

  • Tahap Sensorimotor (Usia 0-24 Bulan)
  • Tahap Praoperasional (Usia 2-7 Tahun)
  • Tahap Operasional Konkret (Usia 7-11 Tahun)
  • Tahap Operasional Formal (Sejak Usia 11 Tahun)

Inilah Faktor Penunjang Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini

  1. Hereditas atau Keturunan
  • Faktor ini menentukan bahwa perkembangan intelektual seorang anak kemungkinan dibawa dari cara berpikir orang tuanya. Potensi ini hanya akan berkembang jika ada lingkungan yang mendukung potensi ini untuk berkembang.
  1. Lingkungan
  • Lingkungan merupakan faktor yang sangat penting dalam mendukung tingkat intelegensi seorang anak. Faktor lingkungan yang paling berperan dalam mendukung perkembangan anak adalah keluarga dan sekolah. Hubungan yang sehat antara anak dengan keluarga tentu akan menunjang dan mendukung perkembangan anak. Selain itu, sekolah juga berperan dalam membangun dan meningkatkan perkembangan anak, terutama dalam menentukan cara berpikir si anak.

Itulah dua faktor penting yang sangat mendukung perkembangan kognitif anak usia dini. Selain kedua faktor tersebut, perkembangan cara berpikir anak juga sangat dipengaruhi oleh faktor jenis kelamin, ras, usia, budaya, serta asupan nutrisi yang diberikan pada anak. Ya, asupan nutrisi memang sangat mempengaruhi perkembangan pikiran anak. Dengan memberikan kombinasi nutrisi dan stimulan yang tepat, maka struktur otak anak akan terbentuk dengan baik sehingga anak dapat menyerap stimulasi dengan baik.

Related posts: