Dua Versi Seram Lagu Gloomy Sunday

admin   May 29, 2017   Comments Off on Dua Versi Seram Lagu Gloomy Sunday

Gloomy SundayAda dua macam lirik lagu Gloomy Sunday yang beredar di media streaming dunia dalam jaringan internet saat ini. Masih simpang siur juga sebenarnya mana lirik asli lagu yang telah dinyanyikan pertama kali dalam bahasa Inggris oleh Hal Kemp pada tahun 1936 ataukah lirik yang dinyanyikan oleh penyanyi jazz wanita Billie Holiday pada tahun 1941. Mengingat lirik ini telah mengalami banyak perubahan dan aransemen pada jamannya di Hongaria, menyebabkan beredarnya dua macam versi. Sedangkan lirik aslinya yang dalam bentuk puisi sampai saat ini masih menjadi sebuah misteri. Meskipun begitu, kedua aransemen musik dan liriknya ini telah sama-sama menciptakan sebuah teror menyeramkan dalam bentuk kematian bunuh diri secara beruntun yang terjadi di Hongaria, Inggris, dan Amerika Serikat.

Lagu Gloomy Sunday Dalam Dua Versi Yang Sama-Sama Bikin Merinding

Versi yang pertama adalah terjemahan dari aransemen yang dikomposisikan oleh musisi Rezso Seress yang berjudul Vége a világnak yang artinya Dunia Sedang Berakhir. Semula lirik ini diciptakan dari puisi Laszlo Javor yang adalah seorang penulis puisi asal Hongaria dimana pada masa itu ingin membuat puisi untuk memberi kejutan kepada kekasihnya. Namun lelaki kelahiran tahun 1903 ini ingin puisinya diberi musik. Bak gayung bersambut, puisi yang telah dibuatnya kemudian disadur dan dikolaborasikan dalam musik menjadi sebuah lagu. Karena memiliki banyak perubahan, lirik ini kemudian berganti judul menjadi Gloomy Sunday dan dinyanyikan dalam bahasa Inggris oleh Hal Kemp yang ditulis ulang dan dikomposisi oleh musisi Sam M Lewis pada tahu 1935-an.

Karena perubahan inilah akhirnya lirik kedua yang dinyanyikan kembali oleh penyanyi jazz wanita legendaris Billie Holiday pada tahun 1940-an menjadi booming dan terkenal hampir ke seluruh dunia, termasuk Inggris dan Amerika Serikat. Sedikit pembahasan tentang kedua lirik ini adalah lirik pertama menceritakan seseorang yang telah meninggal dunia dan berada dalam pemakamannya sendiri. Sedangkan lirik kedua berisi niat seseorang yang ingin bunuh diri karena kekecewaan dan keputusasaan yang mendalam yang kemudian dituangkannya dalam lagu Gloomy Sunday ini.

Related posts: