Contoh Membuat Proposal Kegiatan Dengan Benar

admin   March 22, 2018   Comments Off on Contoh Membuat Proposal Kegiatan Dengan Benar

Terkadang untuk melakukan sebuah kegiatan besar harus disertai dengan proposalnya dan jika Anda kebingungan bagaimana membuatnya lihatlah contoh proposal kegiatan berikut. Proposal adalah sebuah rancangan kegiatan yang akan dilangsungkan dalam bentuk tulisan secara sistematis. Sehingga proposal yang dibuat tadi akan mendapatkan persetujuan dari suatu pihak tertentu yang diajak bekerja sama.

Pembuatan Proposal Kegiatan Dengan Benar

Proposal kegiatan juga sama saja seperti rancangan kegiatan yang nantinya akan ditulis dengan susunan kegiatan secara terjadwal dan rinci. Tujuan pembuatan proposal kegiatan adalah supaya mendapatkan persetujuan atau perizinan melakukan kegiatan tersebut. Nah, pembuatan proposal kegiatan tidak boleh sembarangan dan harus dibuat dengan benar karena sifatnya cukup resmi apalagi dipakai untuk kegiatan yang cukup besar.

Nah, contoh proposal kegiatan yang benar dibuat dengan berikut :

  1. Judul proposal kegiatan

Judul proposal kegiatan ini dibuat sesuai dengan kegiatan yang akan diselenggarakan atau direncanakan. Pembuatan judul proposal sangat mudah karena hanya disesuaikan saja dengan kegiatan yang dilakukan. Misalnya adalah berjudul “Proposal Rencana Kegiatan Study Tour” dan sebagainya. Dalam membuat judul harus benar-benar sesuai kegiatan yang direncanakan.

  1. Pendahuluan proposal kegiatan

Kemudian pendahuluan proposal kegiatan yang dibagi menjadi 2 sub bab. Bab pertama adalah latar belakang kegiatan dan bab kedua adalah mengenai tujuan kegiatan. Pada bagian latar belakang kegiatan perlu dijelaskan kenapa kegiatan tersebut perlu untuk dilakukan. Kemudian pada bagian tujuan kegiatan dijelaskan apa saja tujuan melakukan kegiatan tersebut.

  1. Isi proposal kegiatan

Selanjutnya, isi proposal kegiatan yang terdiri dari 8 sub bagian. Subab yang pertama adalah tema kegiatan, jenis-jenis kegiatan, peserta, waktu dan tempat kegiatan, peralatan yang dibutuhkan, susunan acara kegiatan, susunan kepanitiaan dan anggaran dana kegiatan. Jelaskan per bab itu sesuai dengan sub bagiannya.

  1. Bagian penutup

Yang terakhir adalah bagian penutup proposal kegiatan. Nah, seperti biasanya di bagian akhir atau ujung proposal pasti diberikan bagian penutup. Isi dari penutupnya adalah harapan-harapan yang diberikan kepada pihak terkait supaya kegiatan bisa dilaksanakan dengan lancar.

Begitulah contoh proposal kegiatan yang seharusnya dibuat karena ada aturannya.

Related posts: