Apa Sebenarnya Manfaat Dari Laser Retina

admin   January 21, 2018   Comments Off on Apa Sebenarnya Manfaat Dari Laser Retina

Bagi yang memiliki mata sehat maka bersyukurlah Anda, karena dapat menikmati indahnya dunia secara sempurna. Coba saja jika mata Anda mengalami gangguan, pasti rasa tidak nyaman akan muncul dan bahkan mengganggu kegiatan sehari-hari. Gangguan mata yang paling sering dirasakan itu terletak di retina. Untuk itu laser retina sampai saat ini sudah mulai banyak digunakan oleh sejumlah penderita penyakit mata. Salah satu jenis penyakit mata yang harus dilakukan pengobatan menggunakan laser adalah retinopati diabetik. Ini merupakan gangguan mata karena kebutaan permanen. Di tahap awal, penyakit tersebut menjadikan penglihatan kabur, kemudian muncul bintik melayang. Kemudian di tahap akut, penyakit tersebut akan merenggut penglihatan selamanya.

Laser Retina Sebagai Salah Satu Pencegahan

Jika Anda merasa ada keanehan yang terjadi pada mata, maka segeralah kunjungi rumah sakit khusus mata ataupun klinik khusus mata. Pasalnya mata adalah organ penting, apabila mengalami kerusakan pasti akan menyebabkan aktivitas sehari-hari terganggu. Untuk penyakit retinopati diabetik, salah satu pencegahan yang harus dilakukan adalah dengan menjalankan laser retina. Sebenarnya laser ini masuk ke dalam proses operasi. Namun jika retinopatik diabetik yang Anda derita tidak mengalami kegelapan mendadak, sebenarnya pembedahan menggunakan laser itu tidak perlu dilakukan saat itu juga. Namun jika memang Anda ingin lakukan pencegahan agar mata tidak alami gelap mendadak, Anda harus melakukan pembedahan tersebut.

Mungkin banyak yang mengira bahwa laser tersebut dilakukan untuk mengobati gangguan retinopatik diabetik. Padahal sebenarnya laser tersebut bukan mengobati, namun merupakan langkah pencegahan agar keparahannya tidak semakin meningkat sampai ke tahap kebutaan. Ketika sudah melakukan proses laser maka pasien pun akan memperoleh dampak yang positif. Akan tetapi untuk kesembuhannya sendiri tak akan mencapai 100 persen atau penglihatan tidak normal seperti sedia kala. Sebelum melakukan laser retina, pasien harus diperiksakan dahulu bagaimana kondisinya. Setelah itu dokter memberikan obat tetes mata agar pupil bisa melebar. Jika sudah maka terapi menggunakan laser pun akan dijalankan. Selama terapi memang pasien akan mengalami rasa sakit. Namun setelah beberapa bulan, penglihatan semakin jelas.

Related posts: