Air Putih Sang Penyehat

admin   February 14, 2018   Comments Off on Air Putih Sang Penyehat

Siapa yang tidak tahu air putih? Setiap orang pasti mengetahui air putih itu apa. Air putih pun telah dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Ketiak sedang sakit, dokter pasti menyarankan untuk meminum air putih agar memperlancar penyembuhan pada tubuh Anda yang terserang penyakit. Air putih memang air yang dapat menyehatkan kita asalkan sesuai dengan dosis yang dibutuhkan. Karena tubuh juga tidak boleh kebanyakan cairan.  Memang benar jika air putih dapat mendetoks sekali racun pada tubuh kita, tetapi jika kita terlalu banyak meminumnya kita malah akan mengalami intoksikasi.

Apa Itu Intoksikasi?

Ketika tubuh kita mendapatkan banyak cairan berlebih dalam waktu yang terbilang singkat, maka tubuh kita secara tidak langsung mengundang intoksikasi ini untuk datang. Intoksiaksi adalah sebuah keadaan dimana sodium dalam darah dan kadar garam menjadi turun drastis. Biasanya Anda akan merasa pusing, tidak nyaman dan panas. Anda juga mungkin saja akan merasa mual lalu muntah dan akan diare.

Parahnya lagi, ketika Anda banyak minum air, maka Anda akan sering pipis inilah yang membuat Anda mengalami intoksikasi, nah hal ini akan membuat terjadinya ketidakseimbangan cairan pada sel-sel dalam tubuh. Lalu sel ini akan membengkak bahkan bisa membuat otak menjadi bengkak.

Terapi Air Putih

Oleh karena itu, kita tidak bisa sembarangan begitu saja meminum air putih. Kita harus mengetahui kondisi kita sendiri kira-kira berapa banyak yang harus kita minum tiap harinya. Namun, secara normal, wanita membutuhkan sekitar 2,2 liter cairan pada tubuhnya. Sedangkan laki-laki membutuhkan 3 liter. Berikut beberapa kondisi yang membutuhkan cairan , yaitu:

  • Suhu Panas

Jika Anda sedang berada dilingkungan yang panas, otomatis Anda akan berkeringat terus sehingga Anda membutuhkan semakin banyak cairan pada  tubuh Anda.

  • Hamil atau Menyusui

Ketika Anda sedang hamil, maka  Anda dianjurkan untuk meminum 2,3 liter setiap harinya atau setara dengan 10 cangkir  air putih. Jika Anda sedang menyusui, berarti Anda membutuhkan 3,1 liter setiap harinya atau setara dengan 13 cangkir .

  • Berolahraga

Pada kondisi Anda cukup menambahkan 1,5 – 2,5 cangkir karena tubuh Anda mengeluarkan banyak keringat yang harus digantikan yaitu dengan air putih ini.

Related posts: